Kamis, 17 Februari 2011

I LOVE YOU Anee ohev otakh

(Ibrani)
1 Yohanes 4:10

In this love , not that we loved God, but that He loved us and debt His son to be  the propitiation for our sin.
Inilah Kasih itu: Bukan kita yng telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.
Sebuah survey yang saya lakukan tentang makna kata I Love you
1.     Novi 22 thn, pekerja swasta
Mengatakan bahwa kata I Love You itu adalah sebuah ungkapan yang dapat kita katakan pada siapa saja untuk orang yang kita sayangi, namun menurut Novi kata lain yang lebih layak bagi Novi dikatakan untuk orang yang amat sangat disayanginnya adalah “ Aku Sayang Kamu”
2.    Kurniadi 26 thn, Pekerja swasta
Mengatakan makna dari I Love You adalah ungkapan yang kita ungkapkan untuk sesuatu atau orang – orang yang kita sayangi, hampir sama dengan Novi namun Kurniadi lebih suka mengungkapkan kasih nya terhadap orang yang di sayanginya dan kata yang cukup mewakili rasa sayangnya yaitu: “ Aku Mngasihi Mu”.
Menurut Kurniadi kata inilah yang mewakili perasaannya terhadap orang yang disayanginya dan akan lebih nyata bila dilakukan dengan tindakan.
3.    Ibu Henni 45 thn, Ibu Rumah Tangga
Mengatakan kata I Love You itu hanya untuk orang muda, menurut Ibu Henni Kata I love You adalah untuk orang yang kita kasihi tapi jangan kebanyakan, Gombal!
4    Bapak Edu 47 thn, Pekerja
Mengatakan kata I love You itu diungkapkan hanya untuk orang yang kita sayangi, kalau yang kita sayangi banyak ya banyak juga kata I Love You itu di gunakan.
Masih banyak lagi makna yang berbeda tentang I Love You menurut banyak orang, namun saya hanya mengambil beberapa , dapat dilihat bahwa Kata I Love You bagi kebanyakan orang adalah ungkapan terhadap orang yang kita sayangi, otrang yang kita Kasihi orang yang kita kagumi, saya suka dengan ungkapan Kurniadi tadi, bahwa mengasihi akan lebih tepat jika diungkapkan dengan Tindakan nyata.

Love atau Cinta atau Kasih adalah sebuah kata yang Sempurna, yang memiliki makna yang sempurna.

Apa sih arti kata Love itu sendiri ????

Menurut pandangan beberapa ahli arti kata Love atau Cinta adalah
      Ahli Matematika
      Cinta adalah suatu situasi dimana 1 + 1 bisa sama dengan 3,4,5 dan seterusnya
      Ahli Fisika
Cinta adalah gaya tarik menarik antara dua manusia berlainan jenis (cowok & cewek) yang besarnya berbanding lurus dengan berat badan masing – masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak rumah keduanya.
      Ahli Kimia
Cinta terbentuk dari beberapa unsure yaitu P (pandangan), Se (senyuman), Li (lirikan), Be (belaian), Ra (rayuan & rabaan, Cu (ciuman), k (kecupan), yang kalau di reaksikan dalam ruangan remang-remang bisa menimbulkan ledakan yang dahsyat.
      Ahli Kependudukan (Geografi)
Cinta adalah penyebab ledakan penduduk (yang lebih dahsyat dibandingkan ledakan nuklir).
      Ahli Makanan
      Cinta adalah suatu situasi yang bisa membuat tai lucing rasa coklat.
      Ahli Kesenian
      Cinta ibarat senar gitar, yang apabila sering dipakai kelak akan putus
      Ahli Olahraga
      Cinta harus di dahului dengan warming up (pemanasan), supaya tidak terkilir.
      Ahli psikologi
Cinta ibarat sebuah lilin, apabila menyala lama dia akan padam, apabila dibiarkan akan mati, maka dia tidak akan mempunyai manfaat apa-apa.
      Ahli Musik
Cinta bagaikan nada pada musik, terkadang enak didengarkan, dan terkadang fals di dengarkan
      Ahli Gigi
      Cinta seperti sebuah gigi, yang kuat, bermanfaat, dan akan terasa sakit bila copot.
      Ahli Tulang
Cinta seperti sebuah tulang, yang selalu ada di diri kita dan akan terasa sakit bila patah.

Demikianlah definisi Cinta manurut para pakar yang mendriskipsikan cinta berdasarkan  fakta dan relita yang dialami oleh banyak orang yang menggunakan bahasa mereka sendiri.

Love … Cinta ….Kasih adalah 3 kata yang memiliki makna yang sama, hanya saja sekarang ini kita lebih sering menggunakan kata Love atau  I Love You
Mari sama  – sama kita prediksikan kata LOVE :
L O V E
L for Longsuffering atau dalam arti bahasa Indonesianya adalah Sabar  
Keluaran 34:6
Kisah nyata
BUAH KESABARAN SORANG IBU
Oleh Erma Yunita
Semua diawali saat ayah sudah tiada, ibu merawat kami dengan sabar..meski kami tahu seharusnya ibu mencari pengganti ayah, tapi ibu tidak melakukannya, sebab ibu sangat mengasihi kami, tak lelah dirinya merawat kami dari kami kecil hingga kami dewasa
Kami tediri dari 5 bersaudara, kami tak putus sekolah meski ayah sudah tiada, ibu yang berjuang untuk kami, ibu yang membuat kami tetap bertahan.  Hanya kesabaran ibu yang membuat kami kagum, pagi ibu kerja dan malam ibu tetap melayani kami dengan senyumannya.  Sungguh kami bangga memilki ibu yang tak pernah lelah menjaga dan merawat kami.  Hingga saat ini kami sudah sukses dan inilah buah kesabaran ibu, kami yang sukses karena peran ibu bagi kami.
Aku bangga mamilki ibu

Bisa kah kita menjadi sabar seperti ibu ini??
 Yang merawat anak-anaknya meski tanpa pendamping…
Yang menjaga anak-anaknya tanpa lelah…
Yang berjuang membesarkan anak-anaknya …
Yang tak kenal lelah baerjuang untuk anak-anaknya…
Yang selalu menghadirkan senyuman dari bibirnya…
Maukah kita memilki L ini (longsuffer)
Sabar….

O for obedience ( taat / ketaatan )
Mat 36: 36-42
Dalam kesesakan dan ketakutan Yesus tetap taat untuk tidak lari dari kehendak Allah.

Sebuah kisah tentang ketaatan
Senapan Tua
John adalah seorang petani tua yang sangat miskin.  Pada suatu ketika di musim kemarau yang panjang, ia kehabisan uang .  Ia tidak mempunyai uang sepeser pun untuk membeli makanan bagi dia dan keluarganya.
John masih mempunyai senapan tua dan 3 butir peluru. Jadi, ia memutuskan untuk keluar dan menembak sesautu untuk hidangan makan malam keluarganya.
Saat menelusuri jalan, ia melihat seekor kelinci.  Ditembaknya tetapi luput.  Kemudian, ia melihat seekor bajing.  Ditembaknya tetapi luput juga.
Ketika ia berjalan lebih jauh lagi, dilihatnya seekor kalkun liar bertengger diatas pohon, tetapi saat ini ia hanya punya sebutir peluru. Tiba-tiba terdengar suara yang berkata “ berdoalah dahulu bidik keatas dan tetaplah berkonsentrasi kesasaran kalkun liar tersebut.”.
Pada saat bersamaan ia melihat seekor rusa yang berada dalam posisi yang lebih mudah ditembak. Diturunkannya senapannya dan dibidiknya rusa itu. Mendadak ia melihat ada ular berbisa diantara kakinya, siap untuk mematuknya. Karena itu ia menurunkan senapannya lebih kebawah mengarahkan keular dan siap menembak.
Tetapi suaru tersebut tetap berkata kepadanya, “Aku katakan, ‘Berdoalah dahulu, bidik keatas, dan tetaplah berkonsentrasi kesasaran kalkun liar tersebut.”
John memutuskan untuk menuruti suara tesebut. Ia berdoa, lalu mengarahkan senapannya keatas pohon, membidik dan menembak kalkun liar tersebut.
Peluru itu mengenai kalkun kemudian secara ajaib terpental ke bawah dan mengenai rusa sehingga kalkun dan rusa mati.
Senapan tua itu terlepas jatuh menimpa ke[al siular dan membunuhnya sekaligus. Dan, saat senapan tersebut meletus john terpental ke sungai. Saat Ia berdiri untuk melihat sekelilingnya, ia baru menyadari bahwa banyak ikan ,asuk kedalan semua kantongnya.
Seekor rusa, seekor kalkun dan banyak ikan bekal makanan keluarga mereka.
Ular itu mati konyol, karena John mendengar dan taat suaru Tuhan.
TUNGGU< TENANG< DAN BERSABARLAH.

Kedua contoh diatas memang banyak perbedaannya, hanya satu yang mempersamakan nya yaitu; ketaatan yang dilakukan Yesus dan tetap membiarkan Allah yang berkehendak, sedangkan john hampir tidak mendengarkan suara tuhan namun akhirnya dia diberkati dengan luar biasa karena mendengarkan suaru Tuhan dan biarkan Tuhan yang bekerja dalm kehidupan kita.

Seperti apakah kita saat ini???
Yesus atau John???
Hanya pribadi kita  yang tau…

Mari kita lihat yang berikutnya


V for verily/ fervently atau sungguh/kesungguhan
1 Petrus 1:22

KESUNGGUHAN HATI
Oleh : Asmari
Aku  memang menyayangi
Aku Memang mencintai
Tak akan mungkin
Aku mendustai
Tak akan mungkin
Aku menyakiti
Bila engkau merasakan
Cinta dihatiku yang murni
Engkau pasti
Kan berat hati
Tuk tinggalkan aku…
S’bab cinta ku Sungguh  padamu
Sebuah puisi tentang kesungguhan hati, punya kah kita kesungguhan hati??
Maukah kita dengan sungguh-sungguh mengungkapkan kasih kita terhadap sesama???
Bagaimana yang berikutnya??

E for excuse atau memaafkan
Amsal 19:11
Kata Mutiara Dan Pepatah
Lirik Lagu : Memaafkan Orang Lain
Orang yang tidak bisa memaafkan orang lain sama saja dengan orang yang memutuskan jembatan yang harus dilaluinya, karena semua orang perlu di maafkan. - Thomas Fuller
Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik disengaja atau tidak disengaja..
Memaafkan memang bukan hal yang gampang, tapi akan menjadi mudah bila kita memaafkan, pepatah di atas telah menggambarkan bahwa begitu baiknya memaafkan.
Satu persatu telah kita jelaskan dengan bersama, bagaiman kata LOVE dapat mewakili berbagai macam makna, L untuk longsuffer atau kesabaran, O untuk obedience atai ketaatan V untuk verily atau kesungguhan dan E untuk Excuse atau memaafkan...
Mau kah kia disini memilki LOVE yang kita prediksi bersama-sama tadi???
Demikian khotbah saya kiranya dapat menjadi bekat bagi kita semua.
Saya akan mengajarkan sebuah lagu yang simple...
I SAY L O VE


oleh : Candy Elwaar (Mahasiswi tk I)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar